Menjadi seorang Puragabaya adalah suatu kehormatan besar. Kedudukan Puragabaya adalah kedudukan yang mulia. Seorang Puragabaya menyatukan sifat kesatriaan, keperkasaan dan kefaqihan agama dalam dirinya. Puragabaya merupakan pemuda pilihan yang diangkat dari kalangan bangsawan yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur serta fisik yang prima. Untuk dapat menjadi seorang Puragabaya harus melalui tahapan yang sangat berat dan sulit. Puragabaya diharuskan hidup sederhana , tinggal di sebuah padepokan di tengah hutan belantara, menghadapi latihan-latihan yang taruhannya nyawa. Selain mempelajari ilmu kanuragan dan beladiri yang mumpuni, Puragabaya juga dibekali dengan ilmu-ilmu agama. Sehingga seorang Puragabaya selain memiliki ilmu kanuragan yang sangat ampuh dan berbahaya, juga memiliki kefaqihan yang tinggi dalam agama.

Wednesday, September 6, 2006

Thanks to My Hero .....


Akhir-akhir ini gue melihat ada beberapa dojo membuka pelatihan beladiri khusus untuk anak-anak. Kalo menurut gue ini merupakan hal yang positif, karena banyak kok pelajaran yang bisa dipetik selama latihan beladiri. Hampir semua perguruan beladiri mengajarkan filosofi kesabaran, kebaikan, sportifitas, dispilin, keberanian dan tanggung jawab. Beladiri dapat membentuk karakter yang kuat kepada anak-anak, terutama dalam hal tersebut di atas. Memang sebaiknya untuk anak-anak bukan unsur beladirinya yang menjadi fokus utama.

Gue jadi inget, dulu waktu SD gue ditawarin ama Babe untuk belajar karate. Wah gue antusias banget, karena gue udah sering ngeliat Babe ngelatih, ikut pertandingan, demonstrasi di kesatuannya Polisi Militer, kelihatannya gagah banget. Tapi gue justru nggak dimasukin ke perguruan Babe, tapi ke perguruan lain. Soalnya kata Babe kalo di perguruan Babe, pelatihnya mungkin agak sungkan sama gue. Dan mulai sejak itulah gue mengenal beladiri. Tapi ada juga orang tua yang berpendapat sebaliknya. Buat apa sih belajar beladiri, mau jadi jagoan loe? Ah pendapat yang sangat picik menurut gue. Gue adalah salah satu anak dari sekian banyak anak-anak lain di belahan bumi ini yang sangat berterima kasih sama babenya karena telah diperkenalkan olahraga beladiri. Selain prestasi, banyak juga pelajaran yang bisa gue dapet, dan itu tak ternilai harganya. Dan gue berharap hal tersebut bisa gue jadikan contoh dalam mendidik anak-anak gue tercinta…Osa ‘n Barron…..Papa love u all
Buat Babe ….You always be My Hero….!!