Menjadi seorang Puragabaya adalah suatu kehormatan besar. Kedudukan Puragabaya adalah kedudukan yang mulia. Seorang Puragabaya menyatukan sifat kesatriaan, keperkasaan dan kefaqihan agama dalam dirinya. Puragabaya merupakan pemuda pilihan yang diangkat dari kalangan bangsawan yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur serta fisik yang prima. Untuk dapat menjadi seorang Puragabaya harus melalui tahapan yang sangat berat dan sulit. Puragabaya diharuskan hidup sederhana , tinggal di sebuah padepokan di tengah hutan belantara, menghadapi latihan-latihan yang taruhannya nyawa. Selain mempelajari ilmu kanuragan dan beladiri yang mumpuni, Puragabaya juga dibekali dengan ilmu-ilmu agama. Sehingga seorang Puragabaya selain memiliki ilmu kanuragan yang sangat ampuh dan berbahaya, juga memiliki kefaqihan yang tinggi dalam agama.

Monday, September 4, 2006

Peregangan

Peregangan merupakan persiapan awal sebelum melakukan kegiatan olahraga. Ada peregangan yang sifatnya umum, ada yang sifatnya khusus. Peregangan untuk olahraga beladiri, jelas berbeda dengan peregangan untuk olahraga catur misalnya ..he..he..he..
Tujuan peregangan antara lain untuk memperoleh kelenturan untuk menggerakkan otot beserta persendian pada seluruh sudut pergerakan. Hal ini perlu dilakukan dangan baik dan benar agar memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal. Peregangan juga dapat mengurangi resiko cidera pada saat latihan. Resiko-resiko tersebut antara lain cedera otot, cedera persendian, keseleo, salah urat dan cedera otot lainnya.

Untuk beladiri modern, peregangan merupakan salah satu tahapan awal yang harus dilakukan sebelum memulai latihan. Berbeda dengan beladiri seperti silat tradisional misalnya. Pengalaman gue belajar dalam beberapa aliran silat tradisional, peregangan hampir tidak pernah dilakukan. Kalaupun ada, itupun tidak terstruktur dengan baik. Yang jelas, begitu latihan dimulai langsung masuk gerakan jurus. Kalaupun ada yang cedera, cuma diurut sebentar ama gurunya ….bim salabim aneh bin ajaib ….cederanya hilang dan udah bisa langsung latihan lagi. Boleh percaya, boleh tidak.

Tapi gue pribadi sih lebih prefer tetep melakukan peregangan sebelum memulai melakukan kegiatan olahraga apapun, apalagi beladiri. Ada peregangan yang dilakukan lebih dulu sebelum pemanasan, ada juga yang sebaliknya. Bagaimana dengan anda ?

No comments: