Menjadi seorang Puragabaya adalah suatu kehormatan besar. Kedudukan Puragabaya adalah kedudukan yang mulia. Seorang Puragabaya menyatukan sifat kesatriaan, keperkasaan dan kefaqihan agama dalam dirinya. Puragabaya merupakan pemuda pilihan yang diangkat dari kalangan bangsawan yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur serta fisik yang prima. Untuk dapat menjadi seorang Puragabaya harus melalui tahapan yang sangat berat dan sulit. Puragabaya diharuskan hidup sederhana , tinggal di sebuah padepokan di tengah hutan belantara, menghadapi latihan-latihan yang taruhannya nyawa. Selain mempelajari ilmu kanuragan dan beladiri yang mumpuni, Puragabaya juga dibekali dengan ilmu-ilmu agama. Sehingga seorang Puragabaya selain memiliki ilmu kanuragan yang sangat ampuh dan berbahaya, juga memiliki kefaqihan yang tinggi dalam agama.

Sunday, September 10, 2006

Wanita

Wanita menurut gue adalah makhluk yang unik penuh misteri yang diciptakan oleh Tuhan. Ada beberapa pendapat mengatakan bahwa wanita adalah makhluk yang lemah yang harus dilindungi. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa wanita adalah makhluk yang sangat kuat yang ada di dunia. Banyak kisah pria yang terkenal akan kekuasaannya, kekuatannya, kemashyurannya, kewibawaannya jatuh di tangan seorang wanita. Tapi tidak sedikit juga, dibalik kisah sukses seorang pria ternyata ada seorang wanita yang selalu mendukung di sisinya. Itulah wanita.

Gue kadang menjadi sangat geram jika mendengar ada suami yang menganiaya istri, bapak menganiaya anak perempuannya bahkan anak yang menganiaya ibunya. Orang –orang seperti itu adalah makhluk pengecut terhina yang pernah ada di muka bumi ini. Tidak ada toleransi pembenaran dengan dalih apapun atas apa yang telah mereka lakukan. Salah seorang guru silat gue pernah bilang, “Kalo mau jadi jagoan jangan di rumah, tapi di luar rumah. Seorang jagoan nggak akan pernah berani sama ibunya. Jangankan memukul, bicara kasar aja haram hukumnya..!!”

Wanita memang diciptakan oleh Tuhan dari tulang rusuk adam yang bengkok. Jika kita paksakan untuk diluruskan maka akan patah. Tapi jika didiamkan tanpa berusaha untuk diluruskan, maka dia akan semakin bengkok. Itulah wanita, sesosok makhluk unik yang penuh dengan misteri. Kalo menurut Dewa, wanita diciptakan untuk selalu menjadi pendamping sesosok makhluk yang disebut pria.
...Hawa tercipta di dunia, untuk menemani sang Adam. Begitu juga dirimu, tercipta tuk temani aku...

1 comment:

Janu said...

Waktu Pak Abu ke Jakarta, Saya sempet ngobrol sama beliau. Sedikit ngomongin Silsilah/sanad yang kata Pak Abu dibuat sama yudhy. Mas Rian dan Sany juga cerita tentang silsilah ini. Boleh dong forward ke email saya : abuzakka@yahoo.com. Japri aja. Saya penasaran pengen tahu nih.
Ajkk