Menjadi seorang Puragabaya adalah suatu kehormatan besar. Kedudukan Puragabaya adalah kedudukan yang mulia. Seorang Puragabaya menyatukan sifat kesatriaan, keperkasaan dan kefaqihan agama dalam dirinya. Puragabaya merupakan pemuda pilihan yang diangkat dari kalangan bangsawan yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur serta fisik yang prima. Untuk dapat menjadi seorang Puragabaya harus melalui tahapan yang sangat berat dan sulit. Puragabaya diharuskan hidup sederhana , tinggal di sebuah padepokan di tengah hutan belantara, menghadapi latihan-latihan yang taruhannya nyawa. Selain mempelajari ilmu kanuragan dan beladiri yang mumpuni, Puragabaya juga dibekali dengan ilmu-ilmu agama. Sehingga seorang Puragabaya selain memiliki ilmu kanuragan yang sangat ampuh dan berbahaya, juga memiliki kefaqihan yang tinggi dalam agama.

Thursday, March 15, 2007

Mata

Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat vital. Mata memiliki peran yang sangat penting dalam setiap aktivitas, termasuk dalam beladiri. Hampir dalam semua aliran beladiri, ketajaman mata sangat diperlukan. Dengan mata yang tajam tentu saja dapat senantiasa mengawasi setiap gerakan lawan. Ada berbagai macam cara dilakukan untuk memiliki mata yang tajam, tidak mudah berkedip/ terpejam ketika menghadapi serangan. Dalam beberapa aliran silat tradisional yang pernah gue tau, ada beberapa metode. Seperti ada yang ditetesi air yang telah dibacakan doa oleh gurunya, ditetesi perasan air jeruk nipis, air daun sirih, membaca amalan tertentu sampai selesai tanpa mengedipkan mata, berwudhu dengan tanpa mengedipkan mata ketika membasuh wajah, menatap matahari secara langsung selama beberapa saat setelah mata hari terbit sambil membaca suatu amalan, dan beberapa metode lainnya mungkin, yang belum gue tau.

Dalam beberapa kali kesempatan menyaksikan atraksi beladari, ada orang-orang yang kuat ditusuk tombak lehernya, dipukul rahangnya, dibacok dan ditusuk badannya, tidur diatas paku kemudian dipukul perutnya, dan masih banyak lainnya. Tapi belum pernah tuh gue liat atraksi kuat matanya dicolok pake jari, apalagi ditusuk paku atau pisau.

Oleh karena sangat pentingnya peran mata, beberapa aliran beladiri memiliki teknik serangan colok mata yang digunakan untuk merusak fungsi salah satu organ vital ini. Dan jika teknik colok mata ini berhasil masuk, tentu saja dengan seketika langsung menghentikan serangan lawan. Tapi teknik colok mata ini tentu saja tidak akan efektif jika berhadapan dengan si Buta Dari Gua Hantu...he..he...

No comments: